Senin, 31 Agustus 2009

ANGGUR VARIETAS PRABU BESTARI DARI PROBOLINGGO

ANGGUR VARIETAS PRABU BESTARI DARI PROBOLINGGO Cetak E-mail
Sumber : Bahan RAPIM
Jumat, 19 September 2008

ImagePengembangan anggur di Kota Probolinggo merupakan upaya pemerintah untuk mengembalikan citra Probolinggo sebagai kota “Bayuangga” (bayu = angin; angga = anggur dan mangga). Peluang keberhasilan pengembangan anggur di Kota Probolinggo cukup tinggi, karena ekosistem yang cocok, juga kebutuhan buah anggur bagi masyarakat yang belum terpenuhi.

Secara agroekosistem, Kota Probolinggo cocok untuk kawasan pengembangan tanaman anggur. Produksi buah anggur di Kota Probolinggo sebanyak 33,12 ton, masih jauh dari permintaan yang mencapai 162 ton pada tahun 2006, belum termasuk kebutuhan hasil olahan. Gambaran ini menunjukkan bahwa potensi pengembangan agribisnis anggur di Kota Probolinggo sangat besar. Disamping itu Kota Probolinggo juga berdekatan dengan Kebun Percobaan Anggur Banjarsari, milik Badan Litbang Pertanian Departemen Pertanian, keberadaan kebun ini tentunya sangat menunjang pengembangan agribisnis anggur di Kota Probolinggo.

Saat ini telah tersedia varietas unggul baru yaitu “ PRABU BESTARI” yang dirilis melalui Keputusan Mentan RI No. 600/Kpts/SR.120/11/2007 tanggal 7 November 2007 sebagai varietas unggul. Varietas ini mempunyai mutu yang unggul, produksi stabil dengan hasil cukup tinggi. Pada tanaman umur produktif (5 tahun ke atas) mampu menghasilkan buah 20 – 30 kg/pohon/tahun.

Dalam rangka pengembangan anggur di Kota Probolinggo, telah diberikan bantuan bibit anggur pada tahun 2006 sebanyak 614 pohon. Pada tahun 2007 Kota Probolinggo juga mendapat bantuan dana PMUK untuk penumbuhan dan pemantapan anggur.

Walikota Probolinggo bertekad mengembalikan citra Kota Probolinggo sebagai kota anggur dengan dukungan dari instansi-instansi terkait lainnya. Hal ini dibuktikan dengan pembentukan Asosiasi Anggur Prabu Bestari yang diresmikan tanggal 13 Desember 2007 dan lounching panen anggur Prabu Bestari bersama Dirjen Hortikultura dan Walikota Probolinggo pada tanggal 15 Agustus 2008. Ditjen Hortikultura (Direktorat Budidaya Tanaman Buah) sebagai instansi teknis mendukung pengembangan anggur di Kota Probolinggo melalui pembinaan-pembinaan dan fasilitasi (seperti PMUK, dll). Dalam upaya itu juga, peluang pengembangan kawasan anggur untuk Kota Probolinggo, Situbondo, dan Bondowoso prospektif. Ditjen Hortikultura juga melakukan koordinasi dengan instansi pemerintah pusat lainnya serta stake holder terkait.

Tujuan pengembangan anggur varietas unggul ini adalah untuk mengembangkan agribisnis anggur, meningkatkan produksi dan mutu, memotivasi petani dan petugas sebagai penggerak agribisnis anggur, memperluas pengembangan sentra produksi anggur serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani. Adapun sasarannya adalah berkembangnya komoditas anggur di Kota Probolinggo.

Beberapa permasalahan dalam pengembangan anggur di Kota Probolinggo :

  1. Penerapan inovasi teknologi rekomendasi oleh petani masih terbatas
  2. Keterbatasan modal petani
  3. Pengendalian hama dan penyakit yang kurang tepat sasaran.
  4. Seringnya angin kencang (angin gending) yang menyebabkan bunga dan buah anggur yang masih kecil berguguran
  5. Pengairan di musim kemarau, dimana debit airnya yang sangat kurang pada saat musim kemarau
  6. Anggur busuk menjelang panen pada saat musim hujan
  7. Anggur belum tersedia setiap bulan

Upaya mengatasi permasalahan dalam pengembangan anggur adalah :

  1. Pembinaan dan penyuluhan dari petugas baik di pusat maupun di daerah dalam hal penerapan GAP/SOP anggur yang baik dan benar disesuaikan dengan kondisi agroekologi setempat (spesifik lokasi).
  2. Perlu adanya SLPHT anggur untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan petugas dan petani dalam mengendalikan serangan OPT pada tanaman anggur
  3. Pembuatan sumur pompa, untuk mengatasi kekurangan air.
  4. Dilakukan penjarangan buah secara optimal dan pengendalian OPT sejak dini.
  5. Pemangkasan buah dilakukan secara bergantian, sehingga ketersediaan anggur ada setiap bulan

Institusi terkait dalam rangka pengembangan anggur varietas unggul antara lain adalah : Direktorat Jenderal Pengelolaan Lahan dan Air (DEPTAN), Badan Litbang Pertanian (DEPTAN), Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, BPTP, BPTPH dan BPSBTPH Jawa Timur, Dinas Pertanian Kota Probolinggo, Kebun Percontohan Banjarsari Probolinggo, dan Balai Penelitian Jeruk dan Buah Sub Tropika Tlekung.

Pemutakhiran Terakhir ( Senin, 22 September 2008 )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.