Senin, 31 Agustus 2009

BROKOLI DAPAT ATASI GANGGUAN PERNAPASAN

BROKOLI DAPAT ATASI GANGGUAN PERNAPASAN Cetak E-mail
Sumber : Kompas 14-September-2008
Jumat, 19 September 2008

Image Penderita gangguan pernapasan kronis atau yang disebut chronic obstructive pulmonary disease (COPD) boleh sedikit lega. Tim peneliti yang dipimpin Dr Shyam Biswal dari The Johns Hopkins School of Medicine, Baltimore, AS, menemukan brokoli bermanfaat bagi penderita COPD, jenis gangguan yang banyak menyerang kalangan perokok dan mantan perokok.

Biswal dan timnya mengungkapkan adanya hubungan antara kian parahnya COPD seseorang dan penurunan konsentrasi protein bernama NRF2 dalam paru-paru. NRF2 melindungi paru-paru dari luka yang diakibatkan peradangan. Kesimpulan tersebut diraih setelah mereka mengamati sample jaringan paru-paru para perokok dan mantan perokok, baik yang menderita COPD maupun yang tidak.

Jika dibandingkan dengan jaringan paru-paru orang sehat, jaringan paru-paru penderita COPD menunjukkan penurunan aktivitas dan konsentrasi NRF2 secara signifikan . Brokoli dipercaya mengandung senyawa yang membantu menstabilkan tingkat NRF2 dalam paru-paru.

Dalam uji coba dilaboratorium, tim biswal menemukan senyawa sulforaphane dalam brokoli mampu memulihkan ketidakseimbangan antioksidan dalam jaringan paru-paru penderita COPD. Hasil studi itu dimuat dalam American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine edisi terbaru.

Pemutakhiran Terakhir ( Senin, 22 September 2008 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.